Aktivitas Masyarakat di Rumah Terangkat 13 Persen Saat PPKM

aktivitas-masyarakat-di-rumah-naik-13-persen-saat-ppkm-1

Lepas. com – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat adanya peningkatan aktivitas di berbagai wadah pada saat kebijakan PPKM Darurat diterapkan pada Juli 2021. Meski pergerakan manusia dibatasi, namun mobilitas di fasilitas umum seperti tempat belanja justru naik mematok 12 persen.

“Kalau kita lihat wadah belanja dan kebutuhan sehari-hari, karena ada kebijakan PPKM itu tetap berjalan, makin meningkat sebesar 12, 8 persen, ” ujar Kepala BPS Margo Yuwono di sesi teleconference, Rabu (18/8).

Margo mengatakan, penerapan PPKM Darurat yang berlanjut pada PPKM berlevel di Juli kemarin dengan otomatis membuat adanya pengembangan aktivitas masyarakat di rumah masing-masing, yakni sebesar 13 persen. Kebijakan PPKM Genting dan berlevel juga berpengaruh terhadap pergerakan masyarakat pada tempat perdagangan, ritel serta rekreasi, yang mengalami aksi penurunan sebesar 20 upah.

Penurunan serupa terjadi pada aktivitas kelompok di fasilitas publik terbuka seperti taman, yang mobilitasnya berkurang hingga 20 obat jerih. “Di tempat transit juga mengalami penurunan 45, 3 persen. Bahkan di tempat kerja juga ada kemerosotan 28, 9 persen, ” terang Margo Yuwono.

“Jadi dari sini kita bisa melihat, bermacam-macam aktivitas yang terkait secara tempat bekerja maupun wadah di taman/perdagangan mengalami penurunan aktivitas. Ini akan berpengaruh terhadap berbagai indikator yang akan kita rilis dalam periode berikutnya, ” tandasnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6. com [azz]

Related Post