Bamsoet Usul Sipil Boleh Pegang Beceng, PDIP Khawatir Lahir Preman Jalanan

Bamsoet Usul Sipil Boleh Pegang Beceng, PDIP Khawatir Lahir Preman Jalanan

Merdeka. com porakporanda Anggota DPR Fraksi Partai PDI Perjuangan, Hendrawan Supratikno menilai, ide Ketua MPR Bambang Soesatyo agar sipil dapat pegang pistol untuk bela diri perlu kajian matang. Dia gamang masyarakat bisa menjadi koboi jalanan.

“Ide yang menjadikan, namun dipastikan memantik pro-kontra. Di dalam konteks kita, harus dipikirkan dengan lebih tenang, karena dampaknya bakal besar, seperti masyarakat akan semakin individualistik, cenderung melahirkan ‘masyarakat cowboy’ atau preman jalanan, ” introduksi Hendrawan, Minggu (2/7).

Menurutnya, belum banyak pra suasana atau kondisi yang bisa dijadikan suatu landasan agar sipil boleh pegang pistol untuk membela muncul. Lebih baik, saat ini fokus untuk menghadapi virus Covid-19.

“Prakondisi belum dipenuhi. Oleh sebab itu masih panjang. Kita ‘persenjatai’ kaum untuk fokus ke Covid-19 dulu, ” ucapnya.

Hendrawan pun menuturkan terkait kepemilikan senjata di negara maju. Mulai lantaran perizinan yang ketat, tingkat pelajaran masyarakat yang tinggi dan penegakan hukum yang memuaskan.

“Di negara maju yang memperkenankan kepemilikan senjata, perijinan dengan persyaratan yang ketat, ada data sendiri dan terintegrasi, tingkat pendidikan bangsa cukup tinggi, dan penegakan lembaga sudah mencapai indeks memuaskan, ” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala MPR RI Bambang Soesatyo mengucapkan, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis sepatutnya mempertimbangkan jenis peluru tajam kelas 9mm untuk bela diri bangsa sipil yang sudah memenuhi persyaratan kepemilikan senjata api.

Bamsoet mengatakan, di dalam Susunan Kapolri (Perkap) Nomor 18 tahun 2015 diatur jenis senjata elektrik peluru tajam yang boleh dimiliki, yakni dibatasi untuk senapan berkaliber 12 GA dan pistol berkaliber 22, 25, dan 32.

“Sebetulnya di berbagai negara, sudah memperbolehkan menggunakan pistol kaliber 9 mm. Mungkin Kapolri bisa mempertimbangkan merevisi Perkap tersebut, ” ujar Bamsoet dikutip dari Jarang, Minggu (2/8). [did]

Related Post

6042819787_53a1b7d216_b

Hk Hari IniHk Hari Ini

Bila Anda adalah pengguna iPhone dan tidak terbiasa dengan sebutan “htx hd”, Anda harus tahu apa-apa itu. Ini adalah aplikasi yang dimanfaatkan untuk mengakses video YouTube menggunakan iPhone. Namun, ini