BNPB: Gempa Malang Bukan Tercatat Megathrust

bnpb-gempa-malang-bukan-termasuk-megathrust-1

Merdeka. com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membaca, gempa yang terjadi pada Malang , Jawa Timur bukanlah termasuk gempa jenis Megathrust, namun Gempa Menengah di Daerah Beniof.

“Karena deformasi atau patahan batuan yang terjadi berada dalam slab lempeng Indo-Australia yang menunjam dan tersubduksi menukik ke bawah Lempeng Eurasia di bawah lepas pantai selatan Malang, ” kata Kepala Pusat Data, Keterangan dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati dalam konpers virtual, Minggu (11/4/2021).

Menurut Raditya, mekanisme sumber gempa Malang berupa pergerakan sesar naik atau thrust fault. Mekanisme sumber sesar naik ini memang sensitif terhadap potensi tsunami.

“Namun sopan disyukuri bahwa gempa itu berada di kedalaman menengah dan dengan magnitudo enam, 1 sehingga tidak lulus kuat untuk mengganggu tulisan air laut, sehingga gempa ini tidak berpotensi tsunami, ” jelas dia.

Zona gempa daksina Malang sendiri merupakan negeri aktif gempa. Berdasarkan pesan, gempa selatan Malang magnitudo 6, 1 ini berdekatan pusat gempa merusak Jawa Timur yang terjadi di dalam masa lalu yakni tarikh 1896, 1937, 1962, 1963 dan 1972.

“Dampak gempa ini menyentuh skala intensitas maksimum V-VI MMI, dalam peta level guncangan berwarna kuning, jadi gempa ini berpotensi merusak. Estimasi peta tingkat gerakan BMKG yang dikeluarkan 15 menit setelah gempa cukup akurat dan ternyata betul gempa ini banyak membuat kerusakan bangunan rumah, ” Raditya menandaskan.

Reporter: Nanda Perdana Putra [ray]

Related Post