Cak Imin Sentil Program Kampus Merdeka Nadiem

cak-imin-sentil-program-kampus-merdeka-nadiem-1

Merdeka. com kacau Kepala Umum PKB, Muhaimin Iskandar, menyentil Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim dan program Kampus Merdeka. Menurut politikus dengan akrab disapa Cak Imin, program tersebut baik, namun yang perlu diperhatikan ialah kualitas pendidikan masyarakat memutar bawah.

Cak Imin awalnya memberikan apresiasi terhadap program Kampus Lepas tersebut sebagai alternatif hangat. Ia memahami tujuan rencana tersebut bagus supaya kapasitas intelektual dan kemampuan skill tidak terjadi jurang dengan lebar.

“Kalau Menteri Nadiem ini saat ini mencoba memberi alternatif gres dengan kampus merdeka misalnya, ” ujar Cak Imin dalam pidato kebangsaan dengan digelar CSIS Indonesia dengan virtual, Kamis (19/8).

“Kita apresiasi, tapi yang perlu kita kerjakan adalah bagaimana kualitas kelompok paling bawah dengan daya paling tinggi terbanyak tersebut paling tinggi lulusan sekolah pokok dan sekolah menengah, ” tegasnya.

Selain masalah pendidikan di umum paling bawah, ada selalu masalah lulusan sarjana yang tidak memiliki kompetensi memadai.

Cak Imin mengakui untuk melakukan percepatan mengejar di bidang pendidikan merupakan hal yang suram bagi pemerintah.

Namun, Wakil Ketua DPR RI ini meminta tersedia langkah yang luar piawai untuk memutus realitas pelajaran hari ini.

“Ini perlu langkah-langkah yang bukan saja business as usual, biasa-biasa saja akan tetapi harus ada langkah-langkah dengan benar-benar bisa memutus lupa rantai berkepanjangan dari realitas pendidikan kita. Realitas daya sumber daya manusia kita, ” ujar Cak Imin. [lia]

Related Post