Jakarta Mulai Macet, Polisi Belum Ingin Terapkan Sistem Ganjil Genap

Jakarta Mulai Macet, Polisi Belum Ingin Terapkan Sistem Ganjil Genap

Merdeka. com – Direktorat Lalu Lin Polda Metro Jaya mengakui kaum pekan ini telah terjadi kemacetan di Jakarta meskipun penerapan Pembatasan Baik Berskala Besar (PSBB) belum berakhir. Tetapi petugas memiliki cara mengurai kemacetan.

“Beberapa minggu ini mulai ada peningkatan bagian kendaraan, tapi dari pantauan kami kemacetan yang terjadi masih kategorinya masih tidak terlalu timbulkan konsekuensi kemacetan luar biasa, ” logat Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar, era dihubungi Jumat (29/5).

Kepolisian belum akan menerapkan rekayasa ganjil-genap. Namun rekayasa tersebut bisa diterapkan secara situasional jika bagian kendaraan di DKI Jakarta terus meningkat.

“Kalau gage (ganjil-genap) ini kan nasional, kalau kami bilang sesuai PSBB, takutnya sebelum PSBB berakhir ada penambahan volume yang akibatkan peningkatan kemacetan yang panjang, jadi ganjil genap sifatnya situasional, ” katanya.

“Enggak bisa ikutin PSBB, kalau ikutin itu tapi tiba-tiba minggu depan ada peningkatan volume, maka menurut saya situasional, ” sambungnya.

Pihaknya sedang terus berupaya dengan berbagai jalan mengurai kemacetan tanpa harus menerapkan ganjil genap.

“Masih bisa dilakukan dengan upaya-upaya secara buka tutup dan alih aliran, jadi masih belum perlu ganjil-genap, ” pungkas Fahri. [lia]

Related Post