Menkes Minta Daerah Aglomerasi Tunggal Raya Tingkatkan Capaian Vaksinasi

menkes-minta-daerah-aglomerasi-solo-raya-tingkatkan-capaian-vaksinasi-1

Langgas. com – Menteri Kesehatan Tabiat Gunadi Sadikin meninjau pengoperasian vaksinasi Covid-19 di Pagelaran Keraton Surakarta, Rabu (29/9). Dia meminta daerah aglomerasi Kota Solo meningkatkan capaian vaksinasi, karena ketersediaan vaksin masih cukup besar.

“Vaksin yang telah datang itu jumlahnya tersedia 200 juta dosis lebih. Tapi yang divaksinasi baru sekitar 140 juta jumlah. Kita minta daerah sekitar Solo segera meningkatkan capaian, ” ujarnya.

Menurut dia, saat itu ada sekitar 60 juta dosis vaksin yang beredar di kabupaten dan kota di Indonesia. Jumlah tersebut seharusnya cukup untuk memenuhi target vaksinasi.

Budi menyampaikan, capaian vaksinasi juga tergantung kepada pimpinan daerah masing-masing. “Biasanya dasar sangat tergantung kepala daerahnya. Kalau bupati atau pemangku kotanya aktif dan masyarakat aktif harusnya bisa bertambah lancar, ” jelasnya.

Terkait capaian vaksinasi di Kota Solo serta sekitarnya, menurut Menkes, sekitar ini cukup baik. Pihaknya mencatat hingga saat itu capaian vaksinasi di Tanah air Solo sebesar 115 komisi. Namun, daerah di sekitarnya masih para kisaran 50 persen.

“Kota Solo itu sudah 115 persen, tapi kan penuh sekali orang dari sungguh yang ikut vaksin. Apalagi lebih banyak daripada orang yang KTP Solo. Jadi saya juga terima beri karena sudah dibuka untuk warga yang non-KTP Tunggal, itu penting sekali, sebab baru 50 persen aglomerasi sekitar Solo, ” katanya.

Budi selalu mengapresiasi pihak Keraton Surakarta yang sudah membantu percepatan vaksinasi dengan menyelenggarakan kesibukan penyuntikan vaksin untuk ahli keraton dan masyarakat umum.

“Kota Tunggal dan sekitarnya perlu bertambah banyak yang divaksinasi. Dan Pak Presiden ingin 70 persen di bulan September, ” katanya.

Namun yang lebih istimewa, kata Budi, vaksinasi para guru harus diutamakan. Sejauh ini belum semua kiai disuntik vaksin.

Sementara itu, upaya lain yang dilakukan oleh pemerintah untuk mempercepat capaian vaksin di sekitar Solo ialah mengalihkan sebagian kuota vaksin untuk Solo ke daerah lain.

“Kalau Kota Solo kan sudah melebihi target capaiannya, siap kami kasihnya mungkin ke kabupaten lain atau juga berkelakar ke Solo tetapi buat KTP non-Solo, ” pungkas dia. [yan]

Related Post