Menkes Targetkan Vaksinasi Covid-19 Selesai Januari 2022

menkes-targetkan-vaksinasi-covid-19-rampung-januari-2022-1

Merdeka. com porakporanda Pemerintah menargetkan 208. 265. 720 warga Indonesia divaksinasi Covid-19. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berharap, target vaksinasi tersebut tercapai pada Januari 2022.

“Kita mulainya (vaksinasi Covid-19) jika tidak salah 13 Januari, jadi kita kejar targetnya di Januari tahun depan, kita harapkan semuanya siap, ” katanya dalam konferensi pers Update Ketersediaan Vaksin di Indonesia, Selasa (24/8).

Mantan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini menyuarakan, vaksinasi Covid-19 kini berjalan cepat. Hal ini terlihat dari perbandingan capaian suntikan 50 juta vaksin prima dan kedua.

Sebanyak 50 juta suntikan vaksin pertama tercapai di dalam 8 Juli 2021. Ini menunjukkan, 50 juta suntikan vaksin pertama rampung di dalam waktu 26 pekan. Tatkala 50 juta suntikan vaksin kedua akan tercapai di 31 Agustus 2021 atau dalam waktu 7 pasar.

“Kita mau berusaha kalau bisa 50 juta, 50 juta berikutnya syukur-syukur bisa enam minggu, atau syukur-syukur bisa empat minggu. Jadi kalau 50 juta butuhnya 4 minggu, 1 bulan artinya kita nyuntiknya 1, 3 juta, 1, 4 juta semenjak hari supaya dapat 4 minggu, ” jelasnya.

“Kalau kita mampu dapat 4 minggu 50 juta, sekarangkan 100 juta di Agustus, kita tersedia September, Oktober, November, Desember. Itu kan ada empat bulan. Kalau 4 kamar itu kita bisa capai rata-rata sebulan 50 juta, kita bisa dapat 200 juta tambahan, ” sambungnya.

Budi memasukkan, saat ini Indonesia berada pada peringkat ke-6 dunia dengan capaian vaksinasi sempurna. Namun, peringkat ini dikhususkan untuk capaian tertinggi suntikan dosis pertama.

Peringkat pertama dunia diisi China. Kemudian disusul India, Amerika Serikat (AS), Negeri brazil dan Jepang.

Sementara jika dilihat dibanding jumlah yang disuntikkan, Nusantara berada pada peringkat ke-9 dunia. Posisi Indonesia di bawah China, India, GANDAR, Brasil, Jepang, Jerman, Inggris dan Turki.

“Tapi feeling saya, harusnya Turki sama Inggris kita bisa susul bulan tersebut. Karena kita sekarang 100 juta hari ini, telah di atas Turki. Telaahan saya sampai akhir kamar ini, kita mungkin mampu naik jadi nomor tujuh dunia dan masuk menjadi 7 besar atau 6 besar yang suntikannya dalam atas 100 juta, ” tutupnya. [lia]

Related Post