Mensos: Pencairan BST di Daerah 3T Bakal Dilakukan Sekaligus Tiga Periode

Mensos: Pencairan BST di Daerah 3T Bakal Dilakukan Sekaligus Tiga Periode

Merdeka. com berantakan Menteri Baik Juliari Batubara mengatakan, penyaluran sandaran sosial tunai (BST) di wilayah 3T akan dilakukan sekaligus. Medan yang sulit menjadi alasannya.

“Saya sudah memerintahkan di daerah 3T ini remote zona ini pencairannya langsung 3 periode, ” kata dia dalam Raker bersama Komisi VIII, Rabu (24/5).

Dia tidak mau penyaluran BST justru mempersulit penerima manfaat. Tentu ada ongkos yang harus mereka keluarkan jika harus bolak-balik untuk menerima bantuan. Menetapi sulitnya akses menuju kantor Congkong.

“Jadi tidak perlu bolak-balik, jauh harus nyebrang, mahal di ongkos nanti pulang uangnya tinggal setengah, ” ungkap dia.

“Saya minta PT Pos kita hantam sekali saja selesai, tidak perlu bolak pulih mengambil, kasihan karena medannya istimewa, ” jelas dia.

Sementara untuk progres penyaluran BST sendiri, saat ini sudah mendatangi tahap kedua. Dia mengakui penyaluran tahap pertama pun belum menyentuh target 9 juta penerima.

“Tahap pertama, kurang sedikit dari 8 juta dengan taksiran yang sudah kami salurkan Rp4, 7 triliun dan tahap kedua, saat ini realisasinya 87, 33 persen dengan anggaran yang tersalurkan Rp4, 19 triliun, ” terangnya.

Dia pun meyakinkan bahwa target penyaluran BST yang ditetapkan pemerintah akan dipenuhi. Negeri akan menuntaskan penyaluran BST pada tahap-tahap penyaluran yang tersisa.

“Sisanya harus tetap kita salurkan, karena itu di sisa waktu tahap kedua ini & tahap ketiga seluruh sisa tumpuan itu harus kita serap. Jadi targetnya tidak 9 juta sedang, tapi lebih dari 9 juta karena ada bawaan sisa bahan yang tahap sebelumnya, ” habis-habisan dia. [gil]

Related Post