Pantai Selatan Gunungkidul Dibanjiri Ubur-ubur Semenjak Sepekan Terakhir

Pantai Selatan Gunungkidul Dibanjiri Ubur-ubur Semenjak Sepekan Terakhir

Lepas. com – Kawasan pantai selatan Kabupaten Gunungkidul dibanjiri dengan binatang laut jenis ubur-ubur. Ubur-ubur atau dikenal secara nama lokal Impes ini tercampak di sepanjang pantai.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, Marjono membenarkan adanya ubur-ubur yang terdampar di kawasan pantai selatan Kabupaten Gunungkidul.

“Betul mas. (Ubur-ubur) tersapu aliran tadi mendarat di kawasan Miring Ngrawe ke timur hingga Liga Tunggal. Ubur-ubur terdampar (di pantai) saat gelombang mulai pasang kira-kira pukul 14. 00 WIB, ” kata Marjono saat dihubungi, Kamis (2/7).

Marjono menerangkan pihak tim SAR pun mencari jalan melakukan pembersihan terhadap ubur-ubur dengan terdampar di kawasan pantai tersebut. Tim SAR mencomoti dan membersihkan ubur-ubur yang terdampar tersebut.

“Disapu sama diambilin. Langsung kita kubur di pasiran. Dikubur supaya tidak ada pengunjung di pantai yang terkena ubur-ubur tersebut, ” ungkap Marjono.

Marjono menerangkan jika terkena ubur-ubur ini bisa berbahaya. Hal itu dikarena sengatan ubur-ubur bisa membuat rasa panas hingga berujung penuh nafas.

Sementara itu, Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Surisdiyanto sejak Jumat (26/6) pekan lalu sudah banyak wisatawan yang tersengat ubur-ubur. Biasanya wisatawan yang terkena sengat ubur-ubur tersebut adalah mereka yang bermain tirta laut.

Surisdiyanto merinci pada hari Jumat (26/6) ada 5 orang wisatawan yang tersengat ubur-ubur; di hari Minggu (28/6) ada 42 orang; Selasa (30/6) ada 17 orang dan Rabu (1/7) ada 17 orang yang tersengat ubur-ubur.

“Hari ini (Kamis 2 Juli) mutlak ada 33 orang yang tersengat ubur-ubur. Jika ditotal semuanya semenjak Jumat 114 orang tersengat ubur-ubur. Dari jumlah itu, tiga karakter harus dilarikan ke klinik karena mengalami sesak nafas usai tersengat ubur-ubur, ” papar Surisdiyanto. [gil]

Related Post