Penyaluran Covid-19 Merata di Setiap Kelurahan, Salatiga Masuk Zona Merah

Penyaluran Covid-19 Merata di Setiap Kelurahan, Salatiga Masuk Zona Merah

Merdeka. com – Kota Salatiga, Jawa Tengah masuk zona merah Covid-19. Status ini ditetapkan oleh Wali Kota Yuliyanto lantaran penyebaran Covid-19 telah merata di 23 kelurahan.

“Ini sudah daerah merah karena semua kelurahan sudah terpapar. Ada klaster keluarga, klaster tempat kerja, dan kegiatan-kegiatan. Semua sudah diteruskan ke kecamatan dan kelurahan agar menjadi perhatian khusyuk warga Salatiga, ” kata Yuliyanto saat dikonfirmasi, Selasa (15/12).

Dia menyebut untuk hasil swab dari SMA Negeri 2 Salatiga menunjukkan adanya penambahan kasus yang terpapar Covid-19 dari pegawai tata usaha (TU) dan instruktur. Dari hasil tracking, mereka yang terpapar memiliki kontak erat secara kasus positif sebelumnya dari tempat kerja dan dari rumah melempem.

“Ada 14 karakter yang dinyatakan positif dari buatan swab. Terkait dari mana tertular, kita tidak tahu. Tapi yang terpenting pasien ditangani dengan jalan dan segera mendapat kesembuhan, ” ujarnya.

Sementara Besar Dinas Kesehatan Kota Salatiga Siti Zuraida mengatakan untuk klaster sekolah di SMA Negeri 2 Salatiga hanya para staf, bukan kalangan siswa. Mengingat kegiatan sekolah masa ini masih menjalankan pembelajaran jeda jauh.

“Penularan itu terjadi kemungkinan setelah ada rapat. Bukan dari siswa yang relasi erat, ” kata Siti Zuraidah.

Sedangkan hari itu ada penambahan pasien positif sebesar 51 orang dan 26 pasien dinyatakan sembuh. “Penularan sudah dibanding mana-mana. Kita hidup berdampingan secara Covid-19, makanya manusia harus menyelaraskan diri. Adaptasi mengubah perilaku keseharian kita dengan protokol kesehatan dengan ketat yakni memakai masker, membersihkan tangan, dan menjaga jarak, ” tutupnya.

Secara kumulatif, kasus Covid-19 di Salatiga tercatat sudah 1. 153 dengan rincian 364 orang menjalani isolasi serta perawatan, 765 pasien sudah segar dan 24 orang meninggal dunia. [cob]

Related Post