Ridwan Kamil Janjikan Ruang Pentas Digital untuk Seniman Terdampak Covid-19

Ridwan Kamil Janjikan Ruang Pentas Digital untuk Seniman Terdampak Covid-19

Merdeka. com – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan ada sekira 10 ribu seniman dan seniman yang terdampak akibat pandemi Covid-19. Ia berjanji menyiapkan fasilitas tatkala berupa ruang pentas kesenian digital.

Hal ini tersibak dalam diskusi telekonferensi forum digital kebudayaan Jabar bersama para artis dan budayawan. Ridwan Kamil meminta mereka aktif berpartisipasi memutus pertalian penularan dengan menyosialisasikan protokol pencegahan Covid-19.

“Kalau tidak ada halangan atau indeks perkembangan Covid-19-nya hanya satu selama 14 hari kedepan maka harusnya bulan Juli kita bisa normal lagi, “kata dia melalui siaran pers yang diterima, Sabtu (23/5/2020).

“Kita bikin ruang pentas kesenian digital, anggaran dan honor untuk seniman kita siapkan, nanti diatur-atur genrenya ada pentas tarinya, lagu, sastra, wayang dan lain-lain, ” ia melanjutkan.

Di sisi lain, ia membicarakan kegiatan seni dan budaya dapat berlangsung di wilayah yang beruang di level 2 atau daerah biru dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kalau tersedia yang bertanya, apakah seniman, pemikir boleh berkarya lagi di tempat publik? Rekomendasi saya adalah hanya memungkinkan di zona biru lalu koordinasikan dengan bupati/ wali kota, ” terangnya.

Bersandarkan hasil kajian ilmiah yang sudah dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, ada lima daerah yang berada dalam zona biru. Daerah itu adalah Kabupaten Garut, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Sukabumi. [ded]

Related Post