Swab Test Massal di Kalimantan Timur, 810 Orang Tunggu Hasil Pemeriksaan

Swab Test Massal di Kalimantan Timur, 810 Orang Tunggu Hasil Pemeriksaan

Merdeka. com — Sebanyak 810 warga Kalimantan Timur menunggu hasil dari proses pemeriksaan swab check di laboratorium di Kalimantan Timur. Tercatat, 530 orang diantaranya ada di Samarinda, merupakan hasil skrining pengambilan spesimen swab tenggorokan secara massal.

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kalimantan Timur melansir, ada penambahan 332 spesimen swab yang diperiksa di laboratorium. Benar itu laboratorium PCR (Polymerase Chain Reaction) di Samarinda dan Balikpapan, maupun laboratorium TCM (Tes Cepat Molekular), juga di Balikpapan, dan di Kutai Timur.

“332 spesimen swab ini, kesemuanya adalah dari OTG (Orang Sama sekali tanpa Gejala). Sebanyak 302 swab diantaranya dari Samarinda, hasil skrining massal, ” kata Jubir Penanganan Covid-19 di Kalimantan Timur Andi Muhammad Ishak, saat telekonferensi, Minggu (14/6) petang.

Dari kesekian kali kegiatan skrining massal, tercatat di Kalimantan Timur per hari ini, total 810 orang menunggu hasil pemeriksaan swab. Angka tersebut melonjak dibanding data per Sabtu (13/6) kemarin, hanya 485 orang. “530 orang diantara dari 810 orang, ada di Samarinda, ” ujar Andi.

Di dalam kesempatan itu, Andi juga menyampaikan penambahan dua kasus baru yg terkonfirmasi positif Covid-19 hari terkait, di kota Balikpapan, yakni BPN98 dan BPN99. “Keduanya laki-laki, sebelumnya adalah OTG, ” tambah Andi.

Untuk kasus pasien sembuh, hari ini juga mencatat penambahan 12 orang, dengan rincian Berau 8 orang, Kutai Barat 1 orang, Kutai Kartanegara one orang dan Balikpapan 2 orang.

“Dengan demikian, hari ini, Kaltim mencatat 378 fall terkonfirmasi positif. Dimana, 261 dinyatakan sembuh, dan 4 orang lainnya meninggal. Yang masih dirawat, berjumlah 113 kasus, ” kata Andi. [noe]

Related Post