Update Klaster Secapa AD 19 Juli: Pasien Negatif Covid-19 Bertambah 9 Orang

Update Klaster Secapa AD 19 Juli: Pasien Negatif Covid-19 Bertambah 9 Orang

Merdeka. com – Total pasien di Sekolah Calon Hero Angkatan Darat (Secapa AD) Bandung yang dinyatakan negatif Covid-19 beranjak sembilan orang. Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat Brigjen TNI Nefra Firdaus menyatakan, angka tersebut berdasarkan buatan laboratorium PCR dari swab test ke-2 pada Sabtu (18/7).

“Hasil laboratorium PCR sejak swab ke-2 pasien di Secapa AD sampai dengan Minggu 19 Juli 2020 pagi, ada sembilan pasien lagi yang dinyatakan negatif, ” kata Nefra dalam data tertulis, Minggu (19/7).

Total, lanjutnya, sudah ada 468 siswa yang dinyatakan negatif. “Jadi dari 1. 308 pasien positif Covid 19 di Secapa AD pada pagi ini Sudah redup 468 orang, menjadi 840 karakter, ” ucapnya.

Dibanding 840 pasien positif Covid 19 di Secapa AD tersebut, lanjutnya, masih ada 16 orang dirawat di RS TNI AD Dustira, Bandung.

“Sedangkan 824 lain-nya berada di Secapa AD (isolasi) tanpa keluhan apapun, ” tandasnya.

Sebelumnya, Besar Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa menjelaskan awal mula kasus klaster terakhir penyebaran Covid-19 di Secapa AD yakni bermula dari ketidaksengajaan.

Ketidaksengajaan itu, kata tempat, diawali dari adanya dua siswa calon perwira yang berobat ke Rumah Sakit Dustira TNI AD di Cimahi. Dari kunjungan ke rumah sakit itu, mereka berdua mengikuti tes pemeriksaan Covid-19.

“Yang satu keluhan sebab bisul, berarti demam karena adanya infeksi dan satu lagi urusan tulang belakang. Tapi ternyata itu dilakukan swab test dan positif, ” kata Andika di Basis Kodam III/Siliwangi, Kota Bandung, Sabtu (11/7), seperti dikutip dari Kurun.

Atas dasar dua siswa yang positif itu, ia memerintahkan seluruh siswa dan pekerja yang ada di Secapa AD untuk dilakukan rapid test. Walhasil, ditemukan 187 orang di institusi pendidikan militer itu dinyatakan reaktif.

Namun belum sampai di situ, untuk lebih meyakinkan penyebaran wabah ini dapat diketahui, tes usap Covid-19 juga dikerjakan terhadap seluruh siswa maupun pekerja Secapa.

Berdasarkan tes usap yang ditindaklanjuti dengan pemeriksaan Polymerase Chain Reaction, kata tempat, ditemukan sekitar 1. 200 personel TNI di Secapa yang dinyatakan terinfeksi Covid-19.

Saat ini, ia menyatakan ada 1. 280 personel yang positif Covid-19 di Secapa AD. Di antaranya, 991 personel merupakan siswa, & 289 staf di Secapa beserta anggota keluarga dari staf.

Reporter: Delvira Hutabarat [cob]

Related Post