Vaksin Moderna Akan Diberikan ke Masyarakat Umum

vaksin-moderna-akan-diberikan-ke-masyarakat-umum-1

Merdeka. com awut-awutan Pakar bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi mengatakan pemerintah akan memberikan vaksin Moderna kepada masyarakat di luar kelompok tenaga kesehatan. Masa ini, distribusi ke klub sedang dilakukan.

“Baru mulai kita distribusi, ” kata Nadia pada merdeka. com, Rabu (11/8).

Nadia membaca, pemberian Moderna kepada klub luas semata-mata untuk mencukupi kebutuhan masyarakat Indonesia. Sebagaimana diketahui, Moderna awalnya dikhususkan bagi booster para gaya kesehatan.

Nadia pun memastikan distribusi pada masyarakat setelah memastikan para tenaga kesehatan telah memperoleh suntikan vaksin Moderna.

“Ini kan menutup kebutuhan vaksinasi kita yang perlu 426 juta ukuran dan ini bukan mewakili, tetapi untuk mencukupi keinginan vaksinasi, ” jelasnya.

Data terkahir, Kamis (15/7) total ketersediaan vaksin Moderna di Indonesia berjumlah 4. 500. 160 dosis.

Vaksin Moderna merupakan vaksin pertama dengan diterima Indonesia dengan metode mRNA. Vaksin tersebut mempunyai penanganan khusus dibandingkan vaksin-vaksin yang pernah diterima Nusantara seperti Sinovac, Sinopharm, serta AstraZeneca.

Sinovac dan AstraZeneca merupakan vaksin inactivated virus dengan guru penyimpanan berkisar 2 – 8 derajat celcius.

World Health Organization (WHO) pernah menjelaskan inactivated virus dibuat dari mikroorganisme (virus, bakteri dan lain-lain) yang telah dimatikan secara proses menggunakan bahan kimia tertentu atau secara wujud. Mikroorganisme yang sudah stagnan itu diklaim tidak bisa menyebabkan penyakit.

Menjadi vaksin pertama secara teknologi mRNA, Penny mengatakan produsen vaksin Moderna selalu menyertakan teknologi penyimpanan vaksin saat dikirim ke Nusantara. Sebab suhu penyimpanan vaksin Moderna berkisar minus 20 derajat celcius.

“Karena ini diterima melalui Covax facility mereka akan memberikan vaksin ini berbenturan dengan teknologi penyimpanan serta distribusinya. Tentunya akan mempengaruhi juga target-target lokasi pada mana vaksin ini hendak diberikan, ” jelasnya.

Lebih lanjut, Penny menyampaikan vaksin Moderna dikasih melalui injection intramuscular dengan dosis 0, 5 ml dengan dua kali penyuntikan dan rentang waktu utama bulan. [ded]

Related Post