Wapres Ma’ruf Amin Pimpin Salat Idulfitri dan Khotbah di Rumah Biro

Merdeka. com berantakan Wakil Presiden Ma’ruf Amin melakukan salat Idulfitri dalam rumah dinas, Jalan Diponegoro, Jakarta Induk, Minggu (24/5). Salat Idulfitri tahun ini harus dilakukan di sendi untuk mencegah penularan virus Covid-19.

“Pertama tentu keadaan raya di rumah. Salat Id di rumah, ” kata Ma’ruf di rumah dinas, Jakarta Pusat, Minggu (24/5).

Doa dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan tubuh. Salat kali ini hanya dilakukan bersama keluarga dan anggota Paspampres. Tidak ada staf Wapres.

“Tidak dalam satu masa, terpaksa itu harus dilakukan buat protokol kesehatan. Dan tidak ada staf saya sudah pakai virtual saja, ” kata Ma’ruf.

Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi menjelaskan salat Id dikerjakan dengan protokol kesehatan. Dari paspamres hingga pihak kesehatan.

“Semua berjalan dengan sebagaimana mestinya aturan, setelah Shalat bermaaf-maafan secara posisi jaga jarak dan kita makan bersama sambil cerita, ” kata Masduki.

Ma’ruf memimpin salat dan berkhotbah. Ma’ruf memberikan khotbah tentang surat Al-Insyirah yang berisi di balik pengganggu pasti ada kemudahan.

“Pak Wapres sendiri yang berkhotbah dan pak Wapres yang memimpin imam, menarik khotbah nya bahwa dia mengutip satu ayat dalam surat Al-Insiroh, alam nasroh, kalau di balik kesulitan pasti tersedia kemudahan, ” kata Masduki.

Ma’ruf meyakini seluruh kelompok bisa melewati persoalan saat itu. Hanya saja, protokol kesehatan dengan belum bisa dipatuhi.

“Itu butuh kesabaran. Tentu sekadar kemudahan berikutnya si akhirat, sebab kita telah menjalani kesulitan, ” kata Masduki.

Ma’ruf juga berpesan ampunan Allah SWT tidak ada kaitannya dengan amnesti manusia. Di mana manusia sirih dia punya salah maka Tuhan insyaallah akan memaafkan.

“Tapi kalau dosanya kepada bani adam itu tidak akan dimaafkan jika manusia tersebut belum memaafkan apa yang kita berbuat salah. Karena itu pada hari ini kita harus bermaafan supaya hak Tuhan hak adami selesai, ” membuka Masduki. [noe]

Related Post